-->

Arti Lambang Apotik "Gelas dan Ular"

Ternyata lambang farmasi tersebut merupakan patung yang menggambarkan dewi Yunani-Hygieia-sedang memegang mangkuk dengan ular jinak yang mengitarinya dan seolah minum dari mangkuk tersebut.


Hygeia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi yang merupakan seorang anak dari Asclepius (Dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi yunani). Beberapa orang berpendapat bahwa mangkuk Hygeia dan ular merupakan simbol keseimbangan alam di muka bumi. Ular menggambarkan pasien yang bebas memilih untuk mengobati dirinya sendiri atau tidak. Menurut kepercayaan Yunani kuno, ular yang melilit pada mangkuk menggambarkan kebijaksanaan dan kesembuhan. Hal ini dikarenakan ketika orang mati akan berada pada alam baka yang entah baik atau buruk dan ular dipercaya bisa berkomunikasi dengan orang mati tersebut. Bahkan ular juga dipercaya bisa membawa jiwa orang yang telah meninggal untuk membantu kehidupan.


Mangkuk, cangkir, atau gelas anggur Hygieia dengan ular melingkar di sekitarnya telah menjadi simbol dari banyak asosiasi farmasi di seluruh dunia. Mangkuk Hygieia telah menjadi simbol dari American Association Apoteker digambarkan sebagai mangkuk obat, Canadian Asosiasi Farmasi, Farmasi Masyarakat Australia serta banyak asosiasi farmasi lain di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Pharmaceutical Australia Association menggunakan versi cangkir yang dibatasi oleh dua ular, yang secara kasar menggambarkan bentuk sebuah lambang kedokteran. Federasi Farmasi Internasional berhasil merancang logo mangkuk Hygieia's terdiri dari surat-surat FIP.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar