-->

Manfaat Buah Pir Bagi Ibu Hamil

Salah satu jenis buah yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan adalah buah pir. Buah pir termasuk golongan rendah kalori dan mengandung beragam jenis nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Manfaat buah pir untuk ibu hamil salah satunya yaitu kandungan asam folat untuk mencegah kerusakan saraf pada janin.
Nah, apa sajakah manfaat buah pir selama kehamilan? Berikut ulasannnya.

1. Mencegah gangguan tabung saraf

Buah pir mengandung asam folat atau vitamin B9. Ibu hamil dharuskan banyak mengonsumsi berbagai macam bahan makanan yang mengandung asam folat, salah satunya buah pir. Asam folat ini sangat penting bagi janin selama kehamilan, terutama pada trimester pertama karena dapat mencegah gangguan tabung saraf yang menyebabkan risiko keterbelakangan mental dan kelahiran prematur.

2. Mencegah sembelit

Seperti buah lainnya, buah pir juga kaya akan serat. Sebagai sumber serat yang sangat baik, buah pir ini berkhasiat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit yang biasa dialami oleh Ibu hamil. Untuk mendapatkan serat yang lebih banyak, Anda dapat mengonsumsi buah pir beserta kulitnya (tanpa dikupas).




3. Menambah energi

Buah pir mengandung sekitar 100 kalori sehingga mengonsumsi satu buah pir setiap hari cukup menjadi cadangan energi. Selain itu, energi juga didapat dari dua jenis kandungan karbohidrat sederhana yang terdapat dalam buah pir, yaitu fruktosa dan glukosa. Energi sehat dalam buah pir ditunjang dari serat dan karbohidrat yang dikandungnya sehingga mudah mengenyangkan perut Anda jika disantap. Dengan begitu, buah pir tidak akan membuat berat badan Anda meningkat.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah pir berkhasiat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dalam melawan infeksi atau berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin C ini juga membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh agar Ibu hamil terhindar dari rasa lemah, lesu, anemia akibat dari kekurangan zat besi.

5. Mencegah kanker

Buah pir juga mengandung antioksidan yang berkhasiat dalam melawan radikal bebas yang jelas berbahaya bagi kesehatan Ibu dan janin. Bahkan, kandungan antioksidan ini juga ampuh dalam melawan dan menghancurkan sel-sel jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker rahim.

Nah, sungguh berkhasiat kan buah pir ini. Selain segar dan nikmat disantap, berbagai kandungan nutrisi buah pir juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan janin. Jadi, usahakan selalu jadikan buah pir sebagai buah atau camilan keseharian Anda ya, Mam. Semoga bermanfaat.
sumber

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar