-->

Arti Valar Morghulis dan Valar Dohaeris

Bagi para pecinta serial Game of Thrones pasti pernah mendengar istilah "Valar Morghulis" dan "Valar Dohaeris" kata-kata tersebut pernah diucapkan oleh Arya Stark. Dan paling sering diucapkan oleh Daenerys Targaryen sang mother of dragon.

Sebenarnya mereka menggunakan bahasa High Valyrian, Bahasa itu sebenarnya tidak benar-benar ada, melainkan hasil rekaan untuk serial yang sangat populer tersebut.

Dikutip dari The Verge, bahasa High Valyrian sengaja dibuat dari nol oleh ahli bahasa David J. Peterson untuk serial “Game of Thrones”.  Kosakata bahasa ini diambil secara garis besar dari buku karya George R. R. Martin A Song of Ice and Fire, yaitu "Valar Morghulis" dan "Valar Dohaeris".



Kemudian apa arti dari dua kata tersebut?
“Valar Morghulis” (All men must die) artinya Semua orang harus mati  dan “Valar Dohaeris” (All men must serve) artinya Semua orang harus melayani.

Ingin belajar bahasa High Valyrian ?,  bisa..!! kalian bisa menggunakan aplikasi Duolingo yang kini hadir di smartphone berbasis Android dan iOS.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar