-->

Pengertian Level Soal C1, C2, C3, C4, C5 dan C6

Sebagai seorang guru sudah seharusnya melakukan persiapan dalam rancangan pembelajarannya, proses hasil belajar secara bermutu akan dilihat sejauh mana sorang guru dalam meramu pembelajarannya semakin baik termasuk pembuatan butir-butir soal.


Dalam melaksanakan proses penilaian, tes merupakan alat ukur yang paling sering digunakan guru untuk mengukur hasil belajar siswa. Dari hasil tes, guru dapat mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Oleh karena itu, agar tes dapat mengukur hasil dengan tepat, maka tes harus dikembangkan dengan benar.

1. Bagaimana Membuat Perencanaan Tes yang Baik

Tes baru akan berarti bila terdiri dari butir-butir soal yang menguji tujuan yang penting dan mewakili seluruh bahan yang diujikan secara representatif. Pemilihan butir-butir soal dilakukan atas dasar pertimbangan pentingnya konsep, dalil atau teori yang diuji dalam hubungannya dengan peranannya terhadap bidang studi secara keseluruhan.


Untuk memudahkan guru dalam menyusun tes, maka perlu dibuat kisi-kisi soal yang akan menjadi acuan bagi guru dalam menulis butir soal. Kisi-kisi ini memuat beberapa informasi, antara lain cakupan materi yang akan diuji, kompetensi yang akan diuji, tingkat kesukaran soal, dan jumlah butir soal yang dibutuhkan

2. Dasar-dasar Penyusunan Tes

Tes merupakan alat ukur yang paling banyak digunakan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Adapun dasar-dasar penyusunan tes adalah sebagai berikut:
  1. Tes harus dapat mengukur apa-apa yang dipelajari dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam rencana pembelajaran
  2. Tes disusun sedemikian rupa sehingga benar-benar mewakili materi yang telah dipelajari
  3. Pertanyaan tes hendaknya disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan
  4. Tes hendaknya disusun sesuai dengan tujuan penggunaan tes itu sendiri
  5. Tes disesuaikan dengan pendekatan pengukuran yang dianut, apakah mengacu pada kelompok ataukah mengacu pada patokan tertentu
  6. Tes hendaknya dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran
A. Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.

Contoh soal:

1. Dalam sejarah kesusastraan Indonesia, penyair yang banyak menulis puisi kontemporer adalah ….
a. W.S. Rendra
b. Ramadhan K.H
c. Sutarji Calzoum Bachri
d. Putu Wijaya

2. Simbol unsur perak, tembaga, dan emas secara berturut-turut adalah…..
a. Ag, Cu, dan Au
b. Fe, Cu, dan Au
c. Sn, Ag, dan Cu
d. Pd, Ag, dan Cu

3.Untuk Menambah / menyisipkan gambar dapat dilakukan dari menu :
a. Insert, Clip Art, Picture, Pilih Gambar, OK           
b. Insert, Picture, Clip Art, Pilih Gambar, OK
c. Insert, Clip Art, Pilih Gambar, Insert                    
d. Insert, Picture, Clip Art, Pilih Gambar, Insert

4. Peristiwa berikut yang termasuk perubahan kimia adalah…..
a. air mendidih menjadi uap air
b. gula larut dalam air panas
c. kertas dibakar menjadi abu
d. lilin meleleh karena dinyalakan

B. Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

contoh soal:
1. Perbedaan prosa, puisi, dan drama dalam kesusastraan Indonesia didasarkan atas….
a. bahasa yang digunakan
b. pengembangan plot dan struktur cerita
c. perwujudan lahiriah sebuah karya sastra
d. banyaknya tokoh dalam cerita

2. Jika kita ingin keluar dari komunitas milis tertentu , maka langkah yang tepat adalah….
a. Menulis surat pengunduran diri dengan menggunakan surat pos
b. Melakukan sign out millis
c. Melakukan tag email
d. Melakukan Unsubscribe

3. Kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web disebut ...
a. HTML                    
b. HTTP                      
c. WWW                                
d. URL
 
4. Jumlah atom N yang terdapat pada molekul (NH4)2SO4 sebanyak…
a. 1
b. 2
c. 4
d. 6

C.  Penerapan (Application) C3
Yang termasuk jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit. 

contoh soal :
1. Untuk melakukan print secara otomatis tombol manakah yang harus kita tekan?
a. Crtl Z
b. Ctrl X
c. Ctrl A
d. Ctrl P

2. Pak Udin ingin mengetahui keterampilan siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Udin telah menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang diperoleh Ani ?
a. 20 %
b. 25 %
c. 57%
d. 71,4%

3. Pada Power Point, Toolbar yang dipakai untuk menampilkan secara miniatur seluruh slide yang telah dibuat digunakan :
a. Slide View             
b. Outline View                     
c. Slide Show             
d. Slide Sorter View 

4. Jika diketahui massa atom relatif Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2Oadalah…..
a. 19
b. 142
c. 232
d. 264

D. Analisis (Analysis) C4
Yang dimaksud jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.   

contoh soal :
1. Pak Adi menginginkan para siswanya dapat membuat karangan tentang bahaya rekayasa genetika dalam 5000 kata. Jenjang kemampuan berpikir yang ingin dikemabangkan oleh pak Adi adalah ….
a. penerapan
b. analisis
c. sintesis
d. evaluasI

2. Jika kita menggunakan chat pada keyboard pada saat kita menekan Ctrl alt del dan klik End Proses maka apa yang akan terjadi pada computer tersebut?
a. Refresh                  
b. Restart      
c. Shout Down
d. log off

3. Berikut ini benar tentang GPRS, kecuali ……
a. Akses data sampai pada kecepatan 115 kbps
b. Akses internet tanpa kabel
c. Tarif dibayar per bulan tanpa didasarkan besarnya penggunaan
d. Kita harus memiliki handphone untuk dapat mengakses internet  

4. Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <—> 2 SO2(g) + O2(g). Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3. Berapakah tetapan kesetimbangannya…..
a. 2,7
b. 5,4
c. 13,5
d. 27

E. Sintesis (Synthesis) C5
Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.  

contoh soal :
1. Gambar persamaan Y = kx akan selalu berbentuk ….
a. parabola
b. lurus
c. plantean
d. asintosis

2. Topologi jaringan di mana setiap komputer terhubung langsung dengan komputer/alat lain melalui sebuah link khusus. Setiap sambungan atau link hanya untuk berkomunikasi antara dua komputer atau alat yang dihubungkannya, merupakan kharakteristik dati topologi  …
a. Topologi Ring  
b. Topologi Star
c.Topologi Bus               
d.Topologi Mesh

3. Hasan mendengarkan dengan tekun ” Acara Pembinaan Bahasa Indonesia ” melalui TV. Sebentar-sebentar ia mencatat, kemudian cepat beralih dan memperhatikan kembali kepada pembicara. Hasan tidak beranjak dari kursinya sebelum acara tersebut selesai. Berdasarkan contoh tersebut, Hasan memiliki unsur-unsur, misalnya, konsentrasi penuh, bertujuan, berminat, siap secara fisik dan mental. Unsur-unsur tersebut termasuk bagian dari …
A. pembicara
B. pembicaraan
C. penyimak
D. situasi

4. Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua logam kromium adalah…..(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a. 289500 detik
b. 96500 detik
c. 48250 detik
d. 32167 detik



F. Evaluasi (Evaluation) C6
Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.

contoh soal :
1. Jika diketahui potensial elektroda standar dari:
Ag+ (aq) + e —> Ag(s) εo = +0,80 volt
In3+ (aq) + 3e —> In(s) εo = -0,34 volt
Mg2+ (aq) + 2e —> Mg(s) εo = -2,37 volt
Mn2+ (aq) + 2e —> Mn(s) εo = -1,20 volt
Pasangan yang memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah…..
a. Ag I Ag + II Mn 2+  I Mn
b. In I In 3+ II Ag + I Ag
c. Mn I Mn 2+ II Mg 2 + I Mg
d. Ag I Ag + II In 3+ I In

2. Diketahui sebuah software dapat membuat sebuah extensi *.JPG dan *.TIF selain itu dapat pula melakukan pengeditan berupa gambar dan logo serta memanipulasi efek photo, selain itu pula software ini kini sudah memasuki generasi ke 14 atau juga disebut CS4 dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa software tersebut….
a.Software desain grafis
b. Software statistik
c. Software desain html
d. Software angka

3. Suatu pabrik menyatakan bahwa lembaran alumunium yang diproduksi mempunyai tebal 0,04 cm. Setelah diambil sampel secara acak sebanyak 100, diperoleh tebal rata-rata lembaran 0,0408 cm, dengan standar deviasi 0,004 cm. Dari sampel ini dengan = 0,10 dapat diambil kesimpulan bahwa….
a. pertanyaan pabrik ditolak
b. pertanyaan pabrik tidak ditolak
c. tidak dapat diambil kesimpulan
d. jika = 0,20, maka pertanyaan pabrik tidak di tolak

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar