RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Tema : Kegiatan
Waktu : 4 x 35 menit
1. Standar Kompetensi
Membaca: Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata).
2. Kompetensi Dasar
Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.
3. Indikator
Menemukan pikiran pokok teks bacaan
4. Materi Pokok
Teks bacaan
5. Kegiatan Pembelajaran
-Membaca sekilas teks bacaan.
-Menjawab pertanyaan bacaan
-Menemukan pikiran pokok teks bacaan
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
-Siswa diminta membaca dalam hati “Senangnya Ikut Persami” secara teliti minimal 2 kali. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4 hal. 4 dan 5).
-Memperkenankan siswa menanyakan makna kata-kata yang tidak dimengerti.
2. Kegiatan Inti
-Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara tertulis.
-Siswa diminta menemukan pikiran pokok pada setiap paragraf bacaan yang diberi angka sebagai penanda paragraf.
3. Kegiatan Akhir.
-Siswa diminta melaporkan pikiran pokok yang di temukan dalam bacaan dengan cara membacakan di depan kelas atau ditempat duduknya masing-masing.
6. Penilaian
No. Unsur Penilaian Nilai dengan Bobot ( 1 – 5 ) Keterangan
1.
2.
3. Ketepatan menentukan pikiran pokok paragraf
Keruntutan menyusun kata menjadi kalimat
Ketepatan menggunakan ejaan.
7. Sumber / Alat
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 4 – 5