-->

Minuman yang dapat turunkan Tensi Darah

Usaha yang paling baik dilakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan minum dan makan makanan yang berkhasiat. Meskipun pelan tetapi zat nutrisinya bisa membuat tensi darah turun secara bertahap. Seperti tiga jenis minuman ini!

Makanan dan minuman punya andil dalam mengendalikan tekanan darah. Jika sudah cenderung meninggi, ada baiknya mulai waspada dan teliti dalam mengatur makanan dan minuman. Tiga jenis minuman ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tekanan darah.

1. Susu Nonfat dan Rendah Lemak
 
Susu Lowfat
Kandungan potassium dan kalsium diperlukan untuk tekanan darah yang sehat. Tambahan vitamin D pada susu juga sangat baik buat tekanan darah. Mengganti susu fullcream dengan susu rendah lemak atau nonfat dapat membuat tekanan darahlebih cepat turun. Demikian hasil riset tahun 2009 yang dilakukan British Journal of Nutrition. Pembuluh darah arteri sifatnya elastis, bisa melebar dan menyempit untuk menjaga tekanan darah. Susu fullcream mengandung asam palmitic yang bisa meninggalkan plak dalam pembuluh darah dan membuat tekanan darah naik.

2. Teh Hibiscus

Teh bunga sepatu atau hibiscus ini sangat berkhasiat menurunkan tekanan darah. Demikian hasil riset yang dilakukan tahun 2010 di Journal of Nutrition. Diane L. McKay, Ph.D yang melakukan riset percaya bahwa anthocyanin dan antioksidan lain dalam the hibiscus bekerja sama menjaga pembukluh darah tetap bagus. Sebaiknya minum 3 cangkir per hari. Saat menyeduh, diamkan selama 6 menit agar hasilnya bagus. Bisa diminum panas atau dingin.

3. Jus Cranberry
 
Jus Cranberry
Jus cranberry ini sama khasiatnya dengan red wine untuk menurunkan tekanan darah. Inilah yang diungkap dalam riset tahun 2010 di Journal of Agricultural Food Chemistry. Kedua minuman tersebut juga jus apel dan cokelat punya antioksidan yang disebut proanthocyanidin yang dikenal dengan nama ET-1 yang berperan dalam memelihara pembuluh darah.


SUMBER: http://food.detik..com/read/2011/02/11/165448/1569579/900/susu-rendah-lemak-bisa-turunkan-tensi-darah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar