-->

Asal Usul Martabak

Martabak adalah sejenis makanan khas dari negeri India sejak dahulu hingga sekarang. 
Di Indonesia ada dua jenis martabak. Pertama adalah martabak telor, yang kedua adalah martabak terang bulan atau biasa disebut martabak manis. 

Di India, martabak susunannya adalah sebagai berikut : Adonan tepung terigu yang dibentuk sebesar telur bayam, dibanting, dilebarkan diatas kaca, marmer atau seng, setelah membentuk ukuran berdiameter kurang lebih 40 cm, kemudian diisi telur/kentang dan digoreng. Setelah itu dihidangkan dengan kare kambing/gulai. Itulah aslinya martabak telur atau di India disebut moortaba. 

Martabak Telor
Di negeri India, makanan lain sejenis martabak telur adalah : Nan, Roti Cane, Chappaty, Purata, Poory, Samosa. Makanan-makanan teresbut masuk pada kategori makanan sedang/ringan. Dan bisa juga menjadi menu makanan utama disana. Kemudian bagaimana dengan martabak terang bulan/martabak manis ? jenis ini baik bentuk, isi dan rasanya sama sekali tidak ditemukan di negeri India. 

Makanan yang rasanya manis ini, adalah sejenis roti/kue manis – cake atau pasta. Yang di hidangkan sebagai sarapan pagi /santai bersama minum kopi atau teh maupun teh susu atau âœChaa†yang biasa juga disebut di Malaysia namanya Teh Tarik.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7493301

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar