-->

Asal Kata Museum

Museum berasal dari bahasa Yunani: MUSEION.

Museum
Museion merupakan sebuah bangunan tempat suci untuk memuja Sembilan Dewi Seni dan llmu Pengetahuan. Salah satu dari sembilan Dewi tersebut ialah: MOUSE, yang lahir dari maha Dewa Zous dengan isterinya Mnemosyne.

Dewa dan Dewi tersebut bersemayam di Pegunungan Olympus. Museion selain tempat suci, pada waktu itu juga untuk berkumpul para cendekiawan yang mempelajari serta menyelidiki berbagai ilmu pengetahuan, juga sebagai tempat pemujaan Dewa Dewi.

Pengertian Museum dewasa ini adalah:

"Sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan pengembangannya, terbuka untuk umum, yang memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan, untuk tujuan-tujuan studi, pendidikan dan kesenangan, barang-barang pembuktian manusia dan lingkungannya". (Definisi menurut ICOM = International Council of Museeum / Organisasi Permuseuman Internasional dibawah Unesco).
Museum merupakan suatu badan yang mempunyai tugas dan kegiatan untuk memamerkan dan menerbitkan hasil-hasil penelitian dan pengetahuan tentang benda-benda yang penting bagi Kebudayaan dan llmu Pengetahuan.

Musem mempunyai fungsi sebagai berikut: 
1. Pusat Dokumentasi dan Penelitian llmiah 
2. Pusat penyaluran ilmu untuk umum 
3. Pusat penikmatan karya seni 
4. Pusat perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa 
5. Obyek wisata 
6. Media pembinaan pendidikan kesenian dan llmu Pengetahuan 
7. Suaka Alam dan Suaka Budaya 
8. Cermin sejarah manusia, alam dan kebudayaan 
9. Sarana untuk bertaqwa dan bersyukur kepada Tuhan YME.



Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7621621

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar