-->

Cara Agar Flashdisk Tidak Mudah Rusak

Flashdisk merupakan media penyimpanan yang praktis dan banyak digunakan saat ini. Namun biasanya kita mengabaikan bagaimana keadaan flashdisk kita. Padahal di dalamnya terdapat banyak sekali data-data penting. Nah oleh sebab itu saya akan berbagi sedikit tips Cara Merawat Flashdisk Agar Awet.


1. Scan dan bersihkan flashdisk

Biasakan untuk selalu melakukan scan setiap kali flashdisk hendak digunakan. Hal ini untuk menghindarkan flashdisk dari adanya penyusupan berupa virus ataupun malware, terutama flashdisk yang sering digunakan pada komputer PC atau laptop yang berbeda-beda. Sebagai tindakan pencegahan, Anda juga bisa menginstal antivirus pada komputer pribadi Anda.

2. Jangan sering format flashdisk

Jangan melakukan format flashdisk kecuali jika memang diperlukan. Misalnya jika flashdisk tiba-tiba hang atau error sehingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca di komputer. Pada kondisi ini biasanya akan muncul pesan pada layar komputer yang merekomendasikan Anda untuk melakukan pemformatan flashdisk.

3. Jauhkan flashdisk dari benda-benda yang mengandung magnet

Komponen-komponen elektronik yang ada didalam flashdisk selain rentan dengan air juga rentan terhadap benda-benda atau objek yang mengandung medan magnet. Jadi usahakan flashdisk Anda selalu berada pada jarak aman terhadap objek-objek berbahaya ini.

4. Lindungi flashdisk dari benturan

Selalu pastikan flashdisk yang Anda miliki berada di tempat yang aman dan terhindar dari benturan seperti didalam saku, digantungkan di leher atau dimasukkan kedalam tas yang memiliki bantalan empuk.

5. Lindungi flashdisk dari suhu panas, dingin dan lembab

Selain air, magnet, benturan, suhu panas dan dingin, kelembaban juga menjadi musuh utama dari flashdisk. Selalu tempatkan flashdisk pada suhu yang kering dan bersih agar tidak terjadi korosi pada komponen-komponen didalamnya.

6. Safely Remove Hardware

Selalu pastikan Anda melakukan prosedur "Safely Remove Hardware" atau eject terlebih dahulu sebelum flashdisk dicabut dari port komputer tempatnya menancap. Kebiasaan langsung mencabut flashdisk tanpa terlebih dahulu memberhentikan proses yang sedang berjalan didalamnya biasanya menjadi faktor yang paling sering jadi penyebab masalah flashdisk tidak terbaca di komputer. Akibat yang ditimbulkan dari perlakuan seperti ini adalah flashdisk menjadi lebih cepat rusak dan tidak berfungsi lagi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar