Fatin Lupa Lirik Saat Menyanyi Lagu Lenka

Written By Aliz Bomb on Saturday, 11 May 2013

Maaf salah (lirik lagu) ya. Foya!"

Begitu kata Fatin Shidqia Lubis (17) sambil tersenyum, setelah lupa menyanyikan lagu 'Everything At Once' milik Lenka di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (11/5/2013) dini hari.

Fatin merasa bersalah. Fatin menangis. Ia “heng” ketika kehilangan hafalan lirik “Everything  at Once”  pada bait kedua milik Lenka kala “on stage,” di panggung “gala show” seri ketiga belas X-Factor yang disiarkan secara “live” RCTI, Jumat malam..

Tak banyak yang tahu. Tidak juga sebagian juri. Tidak juga penonton, bahkan pemirsa.Fatin tahu, ia kehilangan hafalan lirik “Everything at Once” dalam sepersekian detik.


Dan usai melantunkan lagu yang liriknya tak ada yang diulang itu, Fatin berurai air mata. Rossa tahu itu. Ia datang mendekat, memeluk dan membisik sesuatu. Tapi Fatin tak bisa menahan rasa bersalahnya. Dan Ahmad Dhani mencoba menenangkannya.

Fatin Shidqia Lubis menangis lagi.  Dia  kelihatan menyesali karena lupa lirik saat menyanyikan lagu Lenka “Everything at Once”. Rossa pun langsung menghampiri dan memeluknya, memberikan semangat.

Hal serupa juga dilakukan tiga juri lainnya. Ahmad Dhani pun memberikan semangat kepada Fatin. “Saya itu 59 kali lupa lirik, biasa saja. Saya terkenal penyanyi yang suka lupa lirik. Cek saja, pasti Ahmad Dhani nomor satu. Jadi santai saja,” hibur Dhani.

Bebi juga memberikan semangat agar dirinya tidak menangis. Dia ingin Fatin tetap semangat, walau terdapat kesalahan berupa lupa lirik. “Ini bukan Idola Cilik, ini X Factor,” ujarnya. “Aku ingin kamu semangat,” katanya.

Sang mentor, Rossa juga mengatakan bahwa tidak mudah menyanyikan lagu Lenka. Selain, tidak ada kata yang diulang di dalam lirik lagu, penyanyi lain juga sulit.

Dia juga mengingatkan Fatin, bahwa dukungan semua juri dan penonton di tengah kesalahan lirik lagu itu merupakan tanggung jawab yang sangat besar.

Di penghujung penampilan, Fatin pun meminta maaf kepada penonton dan penggemarnya. “Maaf ya semuanya,” ujar Fatin.

“Saya penyanyi yang paling sering kelupaan lirik. Tak ada masalah. Kamu sudah menyajikan yang terbaik. Tak perlu bersedih,” bujuk Dhani lagi . Namun Fatin masih larut dengan kesedihannya. Bahkan ketika Bebi Romeo mencoba menjelaskan tentang posisi lirik dan perlunya konsentrasi yang tinggi Fatin belum bisa melupakan kesalahannya.

Baru ketika Anggun Cipta Sasmi memberi komentar Fatin Shidqia baru bisa pulih. Bahkan Anggun mengatakan tentang masa depannya. Dan Anggun tidak menyalahkannya. Dhani yang merasa perlu menyemangatinya Fatin kembali memotong Anggun untuk membujuk remaja imut itu.

Begitu Rossa mendapat kesempatan untuk memberi komentar, sebagai mentor, penyanyi “Ayat-ayat Cinta” itu mengatakan, tidak mudah untuk menghafal lirik “Everything at Once” milik Lenka itu. Bahkan, Lenka sendiri, kata Rossa mengakui kesulitannya.

Fatin baru sedikit lepas ketika “host” Robby Purba memintanya mengulang nomor urut. Robby mengulang sampai tiga kali agar Fatin mengicapkannya dengan bersemangat.

Itulah drama dari panggung X-Factor Jumat malam yang tidak memulangkan para kontestannya. Sebab, seperti dikatakan Robby Purba, “live voting” akan diakumulasikan pada Jumat depan di gala show keempatbelas.

Sebelum Fatin tampil di urutan kontestan ketiga, Novita Dewi dan Nu Dimension mendapat pujian dari para juri. Walau pun pujian atau kritik yang dilontarkan juri, tapi semua itu tidak punya pengaruh terhadap keberadaan kontestan.

Dalam lanjutan program musik ini lolos atau tidaknya para kontestan akan ditentukan dari publik berdasarkan “live voting.”  Juri masih memiliki hak berkomentar yang tidak mempengaruhi posisi kontestan.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment