-->

Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Sebuah cacatan sejarah menyebutkan, sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 atau 120 tahun yang lalu. Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris.

Adalah John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.


Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia. Dan hal tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.


The Hildebrand & Wolfmüller merupakan sepeda motor produksi pertama di dunia. Heinrich dan Wilhelm Hidebrand adalah insinyur mesin uap sebelum mereka bergabung dengan Alois Wolfmüller untuk memproduksi sistem pembakaran internal mereka untuk Motorrad di Munich pada tahun 1894.

Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.


Spesifikasi

Manufacturer     :     Hildebrand & Wolfmüller
Production         :    1894–1897
Engine         :   1,489 cc (90.9 cu in) two-cylinder water-cooled four-stroke, surface carburetor
Bore / Stroke     :    90 mm × 117 mm (3.5 in × 4.6 in)
Top speed          :    28 mph (45 km/h)
Power                :    2.5 bhp (1.9 kW) @ 240 rpm
Ignition type        :    Hot tube
Transmission       :    Direct drive via connecting rods
Frame type         :    Steel tubular
Brakes                :    Spoon brake, friction against front tire
Tires                   :    Pneumatic, front 26 in (66 cm), rear 22 in (56 cm)
Weight                :    110 lb (50 kg) (dry)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar