-->

Ketupat Kandangan

Katupat, demikianlah orang Kandangan menyebutnya dengan ‘a’ bukan ‘e’ di awal,  karna daerah hulu sungai dialegnya huruf e diucapkan a.. hehe.. memang unik...

Katupat Kandangan

Ketupat Kandangan merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Yang membedakan dengan jenis ketupat lainnnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap.Ikan Gabus sebelumnya harus di panggang dulu sebelum direbus menggunakan santan. Kemudian, Ikan Gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dimakan untuk makan pagi, siang atau malam. 

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti Bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, jahe. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. Untuk bersantap biasanya ada sepotong ikan asap. Ikannya bisa gurame, patin, atau gabus.

Nah ada satu yang lebih unik lagi, cara menikmati ketupat kandangan ini adalah memakannya harus menggunakan tangan kosong alias tanpa sendok, garpu, atau pisau.. hehe...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar