-->

Hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran

Jika terjadi kebakaran, kita hanya mempunyai waktu yang singkat untuk berpikir dan mencoba menyelamatkan diri atau memadamkan api. Tips ini sangat bermanfaat untuk menghadapi jika terjadi kebakaran yang sebenarnya tidak kita inginkan di sekitar kita.
Kebakaran
Berikut tips jika terjadi kebakaran pada rumah atau gedung yang kita tempati :
Tetap tenang saat menghadapi kebakaran.

Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau dengan karung goni yang dibasahi air.

Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik segera matikan listrik di rumah atau gedung.

Tutup ruangan yang terjadi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.

Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah.

Berjalanlah dengan tenang, jangan lari, perhatian penuh dan tidak panik.

Jika menemukan asap tebal dijalan atau suatu ruangan, hindari jangan sampai menghirup asap, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu untuk bernafas.

Jika anda melalui pintu yang tertutup, periksalah dengan seksama suhu daun pintu dengan menempelkan belakang telapak tangan Anda. Kemudian periksa handle pintu. Jika panas pindah melaui jalur lain.

Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.

Segera hubungi pemadam kebaran 113 jika api tidak dapat anda kendalikan sendiri.



sumber : http://www.whooila.com/2011/01/tips-trik-jika-terjadi-kebakaran-di.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar